Selasa, 25 November 2014

Resensi Novel 99 Cahaya di Langit Eropa


Judul                 : 99 Cahaya Di Langit Eropa (Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa)
Penulis              : Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra
Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit                : November 2013
Cetakan            : Keenam, Januari 2014
Tebal                : 340 halaman

A.    Sinopsis
"99 Cahaya di Langit Eropa" bercerita tentang kisah perjalanan Hanum dan Rangga selama 3 tahun tinggal di Eropa. Film ini juga dibalut kisah persahabatan, perjuangan untuk mempertahankan keyakinan serta kisah pencarian jejak sejarah Islam di Eropa. 

Diangkat dari novel laris karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, film ini mengambil lokasi di 4 negara: Vienna (Austria), Paris (Perancis), Cordoba (Spanyol) dan Istanbul (Turki). 

Mengungkap rahasia Islam di Benua Eropa. Dengan pengambilan gambar di Vienna (Austria), Paris (Perancis), Cordoba (Spanyol) dan Istanbul (Turki). Selain memanjakan mata dengan keindahan bangunan Eropa yang elegan dan klasik, disana pula kita bisa melihat rahasia-rahasia Islam yang ada di bangunan. Menjadi kaum minoritas di Eropa tentunya sangat sulit. Tapi, bagi Fatma Pasha dan Ayse mereka sangat bangga dan terus menyebarkan sejarah-sejarah Islam di Eropa. Mereka menyebutnya Agen Muslim, belajar tentang sejarah Islam dengan mengunjungi Museum, Bukit dan Bangunan lainnya. 

Film religi yang disajikan dengan nuansa Eropa, tempat dimana masih banyak rahasia yang belum diketahui oleh orang muslim di Indonesia atau bahkan di negara lain. Islam memiliki pengaruh yang kuat di Negara Eropa, bagaimana Fatma, Ayse, Rangga, Hanum, Khan, Marion sebagai Agen Muslim yang sejati walaupun golongan minoritas, mereka tetap mempertahankan keyakinannya dan menjaga toleransi.

B.     Unsur Instrinsik
Tema    : menapak jejak islam di Eropa
Tokoh & Penokohan    
Hanum : mempunyai rasa keingin tahuan pada islam yang sangat besar
Rangga : suami yang baik, selalu mendukung Hanum menjelajahi Islam di Eropa. menjadi penengah antara Khan dan Stefan
Fatma  : mengajak hanum menyusuri rahasia-rahasia kebesaran islam di eropa
Eyse  : anak dari Fatma yang selalu menuruti perkataan ibunya.
Selim  : membantu Fatma dan menjelaskan segala yang diketahuinya tentang islam di eropa
Natalie : agen muslim sejati yang tidak hanya mempromosikan islam bukan hanya dari mulut tapi dari perbuatannya.
Marion : membantu Hanum menjelajahi eropa.
Khan : pemuda Muslim asal Pakistan yang merupakan teman dekat Rangga.sangat taat pada agamanya
Stefan : teman kuliah doktorat sekaligus teman dekat Rangga di kampus. pria yang tidak memeluk agama dan selalu egois namun teman yang baik
Maarja : cantik dan pintar. Teman kuliah Rangga yang menyukai Rangga
Latar
Tempat :Austria,Granada, Cordoba, Paris,Mekkah
Waktu :Pagi,Siang, Malam
Suasana : Menyenangkan, Menegangkan, Menyedihkan         
Alur : Maju Mundur

C. Keunggulan dan kelemahan novel 
          a. Keunggulan Novel
  • Kelebihan buku 99 cahaya di langit eropa ini adalah kita sebagai pembaca akan merasakan seolah-olah sedang mengelilingi eropa dengan berbagai model pendeskripsian dari penulis yang menghadirkan gambaran Eropa kedalam imajinasi kita.
  • Mengajak kita untuk mengamalkan Islam secara total melalui perilaku yang mencerminkan Islam, lewat contoh tokoh yang bernama Fatma.
  • Cerita yang disampaikan begitu santai dengan bahasa yang lugas dan sederhana sehingga seakan mengajak pembaca turut serta dalam perjalanan spiritual yang dilakukan.
  • Buku ini hingga lembar terakhir menguatkan kita sebagai seorang muslim bahwa : di belahan bumi manapun, menegakkan aqidah keislaman kita, berarti kita bersiap untuk menjadi “agen muslim sejati” yaitu sebagai muslim yang membawa rahmat bagi sekelilingnya, rahmatan lil alamin &  kebangkitan peradaban Islam adalah saat umat Islam kembali pada Al-Qur’an yang tidak sekedar dibaca, tetapi juga di pelajari dan diteliti detil artinya sesuai dengan bidang keilmuan kita. Menumbuhkan (kembali) kecintaan umat Islam pada Al-Qur’an, akan menjadi dasar kembali bersinarnya peradaban Islam seperti beberapa ribu tahun silam.
  • Memberikan gambaran baru tentang Eropa selain keindahan dan kemegahan bangunan di seantero dunia

          b. Kelemahan Novel
  • Pada pemotongan sub bab dalam buku terkesan dipaksakan. Ketika sudah sampai pada akhir sub bab, tiba-tiba kita masuk lagi pada rangkaian cerita sebelumnya yang terputus.
  • Pada bagian penutup, akan lebih menarik jika maksud dari penulis langsung masuk ke  sub bab Ka’bah tanpa harus memasuki cerita yang lainnya, meski bagian tersebuy menjelaskan mengapa penulis ingin naik haji.

C.    Kesimpulan

       Kehancuran Islam di Eropa adalah karena setitik nila perang saling menguasai yang menyebabkan trauma berkepanjangan. Jika proses masuknya Islam terus konsisten melalui cara damai seperti di Indonesia tentulah, Eropa hingga kini masih bercahaya sebagaimana Cordoba berhasil menerangi abad gelap di Eropa.
        Kini minoritas Islam di Eropa harus berjuang untuk mengembalikan citra Islam yang keras menjadi lembut,  seperti Fatma yang tetap santun meski mendengar hujatan dari orang-orang Eropa non muslim. Itulah sejatinya Islam, agama yang cinta damai.
Sayang, selalu dan masih saja ada yang memaknai Islam harus ditegakkan dengan jalan yang keras, menebar teror melalui hembusan jihad, atau demo yang berujung anarkis seperti di Indonesia.
        Sudah saatnya umat Islam belajar dari kegagalan Islam berjaya di Eropa. Nafsu untuk menjadi lebih, nafsu untuk menguasai, dan nafsu merasa paling benar atas nama agama hanya akan memperburuk citra Islam di mata dunia.


1 komentar:

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can communicate to your man... that will trigger deep feelings of love and instinctual attraction to you buried inside his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, please and care for you with all his heart...

    12 Words That Fuel A Man's Love Response

    This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to try harder than ever before to do his best at looking after your relationship.

    Matter-of-fact, triggering this all-powerful instinct is absolutely essential to having the best possible relationship with your man that the instance you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll soon find him expose his heart and mind for you in such a way he never experienced before and he'll identify you as the only woman in the world who has ever truly tempted him.

    BalasHapus